Pilihan Mobil Hatchback Terbaik di Indonesia

Ada banyak segmen mobil di Indonesia dan hatchback menjadi salah satu yang favorit. Manakah mobil hatchback terbaik di Indonesia untuk harga Rp 200 jutaan?
Tiap model mobil, memiliki pencintanya tersendiri. Kebanyakan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Di Indonesia, mobil jenis Low MPV paling banyak digemari. Hal itu membuat mobil Low MPV kerap menjadi yang terlaris setiap bulannya.
Tapi tak berarti model lainnya sepi peminat. Mobil hatchback buktinya yang juga punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Ada beragam hatchback yang ditawarkan tentunya dengan harga beragam. Bagi Anda yang tengah mencari hatchback dengan harga kisaran Rp 200 jutaan, simak pilihannya berikut. 

Mobil sport murah bekas indonesia

Segmen Hatchback


Gambar menunjukkan ilustrasi mobil hatchback
Segmen hatchback, salah satu yang terlaris di Indonesia

Hatchback, mobil 5 penumpang dengan ciri khas pintu bagasi menyatu dengan kaca belakang ini memiliki kelebihan tersendiri. Selain memiliki kepraktisan yang tidak dimiliki model lain, mobil ini mudah menyelinap di berbagai medan jalan karena dimensinya yang cukup kecil, panjang tak ada yang sampai 5 meter. Dari sisi harga juga variatif. Mayoritas model hatchback di tanah air dijual dengan harga kurang dari Rp 200 jutaan, kecuali untuk beberapa model tertentu yang dijual lebih murah atau bahkan lebih tinggi dari harga tersebut.
Bagi Anda kaum muda atau keluarga kecil dengan 2 orang anak mobil ini layak dipertimbangkan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari dan sebagai mobil keluarga.
Berikut pilihan mobil hatchback terbaik di Indonesia harga Rp 200 jutaan beserta ulasan singkatnya. Kami memilih karena kesetaraan harga, dimensi, fitur serta beberapa fakta yang lain.

Toyota Yaris


Ada dua model hatchback ditawarkan Toyota Astra Motor (TAM). Anda bisa memilih salah satunya, yaitu Yaris. Dimensi mobil ini cukup proporsional dengan ukuran panjang hanya 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm.
Tampilannya juga menarik. Bagian depan punya lampu utama mata sipit, gril besar seperti orang tersenyum. Bagian samping kaca desain kaca jendela melandai ke belakang dengan pilar blackout. Pilar belakang hitam menampilkan kesan floating roof. Sedangkan di bagian kaki pelek dual tone dibungkus ban ukuran 195/50R16.


Foto menunjukkan mobil Toyota Yaris warna kuning dan oranye
Toyota Yaris berkontribusi besar terhadap penjualan Toyota di Indonesia
Interior Yaris didominasi warna hitam dengan dominasi jok berpola dan jahitan warna merah kontras. Mobil ini muat diisi 5 penumpang sudah termasuk sopir. Bahkan kursi baris kedua bagian tengah sudah dilengkapi headrest sehingga sandaran kepala penumpang lebih nyaman.

Untuk fitur mobil ini dilengkapi head unit untuk menampilkan fitur hiburan. Ada DVD AVX 7 dengan internet, bisa juga terkoneksi IPOD/Phone, Miracast, USB, Bluetooth, 6 speaker serta masih banyak lagi yang lain.
Performa Yaris tidak mengecewakan dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i dengan tenaga maksimum 107 Ps @6,000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm @4,200 rpm.
Anda yang menghendaki mobil ini ada 6 tipe bisa dipilih dengan harga termurah Rp 250.950.000 dan termahal Rp 291.450.000.

Honda Jazz

Anda bisa memilih karena beberapa kelebihan yang dimiliki. Dari sisi dimensi ukurannya lebih pendek dari Yaris, namun lebih tinggi. Ukurannya panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.524 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.530 mm. Dimensi yang lebih pendek memberi kelebihan tersendiri, mobil ini gesit bermanuver dan bisa masuk ke gang-gang sempit.


Foto menunjukkan mobil Honda Jazz warna oranye

Beberapa kali facelift, tampilan Honda Jazz kini semakin sporty

Soal penampilan juga oke. Eksteriornya menunjukkan kesan sporty dan anak muda banget. Terlebih di bagian belakang desain lampu belakang stylish dengan gaya ekor ke atas hingga ke spoiler.

Bagian interiornya juga tak kalah menarik dengan dominasi warna hitam dari kursi, dashboard, konsol, trim pintu, karpet lantai, hingga atap. Meski dimensi lebih pendek dari Yaris, mobil ini tetap lapang untuk 5 penumpang.

Yaris dilengkapi fitur kenyamanan dan keselamatan cukup baik, seperti lampu utama LED, lampu DRL LED, Head Unit layar sentuh 8 inchi, setir berbalut kulit, Paddle Sift dan Cruise Control.

Untuk performa Honda Jazz bekas menggunakan mesin 1.500 cc SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum 120 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.600 rpm.

Mobil ini tersedia 4 tipe yang bisa dipilih dengan harga termurah Rp 250.200.000 dan termahal Rp 292.500.000.

Suzuki Baleno

Anda layak memilih Suzuki Baleno jika tak ingin yang lain. Apa yang menarik? Pertama, mobil ini simpel, dimensinya tidak sampai 4 meter sehingga tidak bikin sesak garasi rumah, yaitu panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.520 mm.




Hadirkan versi hatchback di tahun 2017, Suzuki mencoba mengikuti jejak Baleno sedan yang legendaris

Kedua, penampilannya keren usai mendapat update belum lama ini. Gril besar dengan pattern heksagonal, sama seperti bumper besarnya warna doff yang memanjang dari kiri ke kanan yang juga bermotif heksagonal. Kesannya cukup stylish namun sporty.

Di bagian interior dual tone, kombinasi warna hitam dengan pattern berwarna biru untuk bagian kursi, dan trim. Sementara atap tetap warna beige yang memberi kesan luas.

Ketiga, dari sisi fitur mobil ini tak mengecewakan. Fitur kenyamanan dan keselamatan standar seperti sistem pengereman ABS+EBD, dual airbag, dan Isofix seluruhnya ada. Ada head unit dengan tatanan tombol sedemikian rupa untuk memudahkan pengoperasian. Bahkan ada yang sangat menarik, yang tampilan layar Multi Information Display (MID) yang atraktif dengan desain keren berwarna.

Keempat, Suzuki Baleno hemat bahan bakar karena dukungan mesin K14B berkapasitas 1.400 cc. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini 92,4 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm @4.200 rpm.

Kelima; harga tak membingungkan karena hanya ada dua varian saja. Yaitu transmisi manual (M/T) Rp 230.000.000 dan transmisi otomatis (A/T) Rp 242.500.000.

Mazda 2

Masuk di kategori hatchback yang bisa Anda pilih yaitu Mazda 2. Meski dari kepopuleran lebih populer model-model di atas, bukan berarti mobil ini tidak layak dipertimbangkan, sangat layak.
Dimensinya tak jauh berbeda, yaitu panjang 4.065 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.495 mm, dan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.570 mm. Cukup simpel untuk mengisi bagasi rumah yang minimalis.


Foto menunjukkan mobil Mazda 2 warna merah

 Mazda 2 mengusung teknologi canggih dengan harga terjangkau

Penampilannya mengusung desain KODO khas Mazda, membuatnya tampil lebih anggun. Dengan desain tersebut, nyaris tidak ada sudut-sudut tajam di bagian bodi, baik dari depan, samping, hingga belakang.

Jika ada menyudut tajam, satu-satunya mungkin bagian ujung lampu depan yang tersambung pada gril. Walhasil, meski tampilannya lentur, tatapannya tetap tajam.

Masuk ke dalam interior Mazda 2 didominasi warna gelap hitam dan biru dongker. Sedangkan tampilan baris depannya tampak lapang karena dashboard yang dibuat simpel. Salah satu kekurangan, kursi baris kedua tidak cukup lapang untuk mengakomodir orang bertubuh tinggi. Namun buat keluarga kecil dengan anak-anak kursi baris kedua tak jadi masalah.

Untuk fitur, selayaknya mobil Mazda yang lain, Mazda 2 dilengkapi fitur yang di atas rata-rata mobil hatcback. Misalnya Paddle Shift, Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan i-Stop.

Untuk performa Mazda 2 mengusung mesin bensin 1.500 cc DOHC dengan teknologi Skyaktiv. Dari mesin ini dihasilkan tenaga maksimum 110 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm @4.000 rpm.

Berapa harganya? Anda bisa memboyong mobil ini dengan mahar Rp 285.300.000 untuk Mazda 2 R dan Rp 302.800.000 untuk Mazda 2 GT.

Pilihan lain

Harga Rp 200 jutaan bukan harga yang cukup mahal sekaligus bukan harga yang murah. Jika Anda menghendaki Anda bisa memilih mobil - mobil hatchback terbaik di Indonesia lain yang harganya lebih murah dari Rp 200 jutaan atau lebih tinggi mulai Rp 300 jutaan hingga miliaran rupiah.

Untuk hatchback di bawah Rp 200 juta pilihannya adalah mobil LCGC bermesin maksimal 1.200 cc. Yaitu Honda Brio RS dan Brio Satya, Toyota Agya, dan Daihatsu Ayla.

Sedangkan untuk harga di atas Rp 300 jutaan pilihannya seperti Mazda 3, Honda Civic Hatchback RS, 2017 honda civic Audi A3 Sportback, Mini Cooper 5-Door, Mercedes-Benz A 200 Hatchback, hingga Honda Type R.




 Honda Civic Type R, salah satu hatchback terbaik di Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Pilihan Harga Mobil Bekas Dibawah Rp 100 Juta Medan

Merek mobil mewah Lexus asal negara mana?

Cintamobil.com, Jual dan Beli Mobil Baru & Bekas Termurah dan Berkualitas