Ini Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Dengan Mudah

Mobil bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui tentang pemiliknya. Mobil yang tampak bersih bisa menjadi salah satu indikator juga kecintaan pemiliknya terhadap kebersihan. Berikut kami berikan beberapa langkah cara membersihkan mobil dari debu.

Tampilan kendaraan jelas merupakan salah satu faktor yang membuat tampilan menarik dan memberikan nilai lebih bagi mobil. Bahkan jika itu adalah mobil bekas yang ingin dijual, kebersihannya bisa meyakinkan calon pembeli dan dapat menaikkan harga jual meski sedikit.

Kotornya mobil juga bisa disebabkan oleh partikel kecil yang terkadang hampir tidak terlihat saat menempel, yaitu debu. Kadang-kadang, pemilik mobil suka tidak memedulikan debu ini hingga kemudian menumpuk dan barulah mobil tampak kotor. Bahkan jika terlalu lama didiamkan, debu bisa lebih sulit dibersihkan dan menjadi penyebab timbulnya kerak pada bodi mobil.



Debu yang menempel pada bodi mobil dalam jumlah banyak buat tampilan kurang menarik

ALT : Gambar ini menunjukkan sebuah mobil dalam kondisi berdebu dan disampingnya bersih

Proses pembersihan debu juga tidak boleh sembarangan. Alih-alih mau menghilangkan debu pada kendaraan, jika salah dalam proses pembersihan dan penggunaan peralatan, bisa membuat cat mobil tergores. Berikut ini kami paparkan dua cara membersihkan debu, yang berhubungan dengan debu yang kering dan basah hingga berkerak. Yuk simak ulasannya.
>>> 5 Manfaat Cuka untuk Merawat Eksterior dan Interior Mobil Anda

Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Kering

Pembersihan bodi mobil karena debu kering yang menempel dapat dibersihkan dengan mudah. Cukup dengan menggunakan kemoceng sudah bisa membuat debu hilang dan kondisi mobil kembali bersih. Pada prosesnya juga cukup mudah karena tidak perlu pakai tenaga dan waktunya juga tidak lama.

Akan tetapi tetap ada hal yang perlu diperhatikan disamping kemudahan yang ditawarkan. Penggunaan jenis kemoceng juga perlu diperhatikan. Yang utama, gunakanlah jenis yang mempunyai kualitas terbaik. Di pasaran, terdapat beragam jenis kemoceng yakni dari bahan wool, kain microfiber, sulak hingga bulu ayam. Untuk bahan yang cocok dipakai dalam menghilangkan debu pada bodi mobil adalah wool.



Pilih kemoceng dengan bahan yang halus untuk hindari menyebabkan goresan

ALT : Gambar ini menunjukkan kemoceng yang sedang digunakan membersihkan kaca pada mobil

Kemoceng dengan bahan wool merupakan yang terhalus bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun bila tidak ada bisa memakai kemoceng dengan bahan microfiber. Sementara itu, bahan yang tidak direkomendasikan adalah bulu ayam dan kamoceng barbahan tali rafia. Hal tersebut disebabkan teksturnya yang kasar sehingga beresiko menyebabkan goresan pada bodi mobil.

Begini proses membersihkan mobil dari debu kering pakai kemoceng :

1. Memastikan bahwa debu yang menempel dalam kondisi bersih

2. Lakukan pembersihan secara perlahan, kemoceng tidak perlu ditekan cukup digesekkan saja supaya tidak berpotensi menggores cat bodi. Jadi untuk gerakan yang dilakukan adalah menyeka tetapi jangan terlalu keras.

3. Tetap berhati-hati, hindari pegangan kemoceng mengenai lapisan cat mobil. Jadi selalu memperhatikan posisi tangan dan saat menyeka.

4. Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan teknik searah. Tujuannya adalah agar bisa efektif dan tidak membuat debu kering beterbangan yang juga beresiko menimbulkan goresan.

Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Basah Atau Berkerak


Jenis debu yang basah atau sudah berkerak tidak akan efektif jika menggunakan kemoceng, jangan memaksakan untuk memakainya. Adapun cara yang kami rekomendasikan dalam proses menghilangkan debu seperti ini dari bodi mobil adalah dengan mencucinya. Untuk proses mencuci mobil perlu dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan goresan.



Cuci mobil di tempat yang terpercaya

Pada prosesnya disarankan menggunakan shampo khusus mobil dan juga menggunakan lap yang bersih. Untuk mencucinya seperti pada umumnya seperti disiram dengan air bersih kemudian dilakukan penyekaan dengan kain yang halus dan bersih, yang sudah diberikan air shampoo. Jika sudah, lanjutkan kembali dengan menyiramnya menggunakan air yang bersih. Bila sudah selesai dan dipastikan bersih lakukan pengelapan menggunakan kain yang lembut atau kanebo sampai kering.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membersihkan Mobil Dari Debu. Semoga bermanfaat dan bisa membuat Sobat semua lebih memperhatikan kondisi kendaraannya supaya tetap prima dan selalu jaga kesehatan diri dan keluarga.
>>>> Lihat informasi lebih lanjut tentang mobil dijual, harga mobil tebaru, beli mobil bekas, servis mobil rutin di Cintamobil.com

Comments

Popular posts from this blog

Mobil Di bawah 100 Juta Bekas: Mana yang Pilihan Anda?

Rekomendasi Pilihan Harga Mobil Dibawah 100 Juta Surabaya

Merek mobil mewah Lexus asal negara mana?